Thursday, May 17, 2018

Peluang Usaha Souvenir Ukiran Di Bali


Bali adalah primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain terkenal dengan keindahan alam, terutama pantainya, Bali juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik.

Bali juga memiliki beragam cindera mata yang unik dan menarik seperti gantungan kunci, ukiran hiasan dinding, manik-manik, dan ukiran yang lain. yang cocok dijadikan oleh oleh.


Nah dengan banyaknya cindera mata yang diminati besar kemungkinan bahwa usaha ukiran bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan mengingat Bali adalah salah satu tujuan wisata favorit yang memiliki banyak pengunjung setiap tahunnya.

Selain menjanjikan usaha ukiran terbilang cukup mudah. Sebelum anda memulai usaha ukiran ini ada beberapa alat yang perlu anda persiapkan, salah satunya adalah mesin grafir.


Apa Itu Mesin Grafir??

Mesin grafir adalah alat ukir canggih yang penggunaannya cukup mudah untuk operasional dengan perantara komputer untuk edit dan fungsinya. Biasanya untuk menggores/ mengukir pada benda padat seperti kayu, akrilik, tembaga, kaca dll.

Jenis mesin grafir pun beragam, namun secara umum mesin grafir terbagi menjadi dua jenis. yakni mesin grafir manual dan mesin grafir otomatis. Mesin grafir manual masih menggunakan metode manual dan memakan waktu yang cukup lama dalam pengerjaannya.

Sedangkan mesin grafir otomatis membutuhkan waktu singkat karena mesin yang mengambil alih proses pengerjaannya. Cara kerja mesin grafir dapat dibagi menjadi 3 proses, mulai dari proses image creation atau pembuatan gambar, tracing pattern dan mengukir pola pada permukaan rata.

Proses image creation merupakan proses pembuatan pola pada komputer yang kemudian ditransfer ke mesin grafir. Setelah pola ditransfer ke mesin, laser akan mulai menjiplak pola tersebut. Setelah itu, barulah pola yang telah dibuat sebelumnya diukir ke atas media ukir.


Contoh Hasil Ukiran


Bakiak Ukir Khas Bali




Gantungan Kunci


Jam Dinding Ukir

Souvenir Untuk Menghias Rumah


Tempelan Kulkas



Lalu bagaimana cara menggunakan mesin grafir? Ada beberapa tahapan yang dilakukan. Sebelum menggunakan mesin grafir pastikan mesin telah terhubung dengan sumber tegangan listrik, lalu hubungkan mesin dengan komputer setelah itu anda bisa menyalakan mesin dan memulai proses mengukir. Sebaiknya gunakan buku petunjuk untuk menghindari resiko kerusakan mesin.


Dengan mempertimbangkan keunggulan-keunggulan mesin grafir maka tak ada salahnya jika kini anda mencoba untuk menekuni usaha souvenir dengan mesin grafir. Selamat berwirausaha :)





*Untuk info tentang mesin digital bisa menghubungi kami via WA:087851691057 dan email:bengkel.print@yahoo.com